MTs dan MA Insan Qurani Raih Juara Umum di Ajang FITAS XII Pesantren Al-Falah Abu Lam U 2024

* Ust. Alfirdaus: 6 Kali Berturut-turut

Para juara - juara foto bersama, Foto : Humas IQ/Afdhal
Kabarnanggroe.com, Aceh Besar — Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) Insan Qurani berhasil menyabet gelar Juara Umum pada ajang Finding The Talented Students (FITAS) ke-12 yang digelar di Pondok Pesantren Al-Falah Abu Lam U. Pengumuman resmi tersebut dibacakan dalam penutupan kegiatan di panggung utama kompleks pesantren pada Sabtu, 19 Oktober 2024.

Prestasi MTs dan MA Insan Qurani ini mencerminkan capaian luar biasa, dengan masing-masing lembaga memenangkan enam kategori lomba.

Daftar Prestasi MTs Insan Qurani (Tingkat SMP/MTs Sederajat):

  1. Juara 1 Cerdas Cermat Umum: Ayyash Zaidan, Aaleekanz Azyzy, M. Yaasiin Abiyyu Haq
  2. Juara 1 Pidato Bahasa Inggris: Nayla Zhaafira
  3. Juara 2 Olimpiade MIPA: Washfa Nabila Nurhen
  4. Juara 2 Pidato Bahasa Arab: Giraldi Arshibi
  5. Juara 3 Tilawatil Qur’an: Nadia Hanifah
  6. Juara 3 Pidato Bahasa Indonesia: Gibran El Khatir

Daftar Prestasi MA Insan Qurani (Tingkat SMA/MA Sederajat):

  1. Juara 1 Fahmil Qur’an: Izza Mushviya, Azka Dara Maulidya, Kayyisa Farras
  2. Juara 1 Kaligrafi Golongan Naskah: Feri Gunawan
  3. Juara 1 Catur Cepat: Muhammad Tahsin Kamil
  4. Juara 2 Fahmil Qur’an: Fayruz Aslam Hamid, Muhammad Farel, Faris Dzukhairil Muna
  5. Juara 2 Kaligrafi Golongan Naskah: Dzaki Insan Kamil
  6. Juara 3 Nasyid Acapella: Ahmad Fadhil, M. Ilham Alfarisi, Muhammad Khamarul, Dhabith Ramadhani Al Ghifari. MS, Yusuf Arabi Pasya, Ahmad Alkindy

Piala Bergilir Resmi Milik MA Insan Qurani

Kemenangan ini semakin bermakna bagi MA Insan Qurani, yang telah berhasil mempertahankan gelar juara umum FITAS untuk keenam kalinya sejak tahun 2018. Dengan raihan ini, piala bergilir FITAS secara resmi menjadi milik MA Insan Qurani untuk kedua kalinya.

“Kita sangat bersyukur atas prestasi ini. Piala bergilir tingkat MA telah resmi milik kita. Selamat untuk anak-anak kami, jadikan prestasi ini sebagai motivasi untuk lebih semangat belajar dan menjadi inspirasi bagi seluruh santri lainnya,” ujar Sekretaris Dayah IQ, Ust. Dr. H. Alfirdaus, MH.

Ia juga mengapresiasi kerja keras para santri dan seluruh asatidz yang telah berjuang maksimal dalam ajang bergengsi ini.

“Alhamdulillah, MTs kita juga berhasil meraih juara umum untuk pertama kalinya. Terima kasih kepada semua santri dan asatidz atas usaha terbaiknya.”Ajang Bergengsi Pesantren Al-Falah Abu Lam U

FITAS XII berlangsung selama enam hari, dari 14 hingga 19 Oktober 2024, diikuti oleh berbagai pondok pesantren dan madrasah. Ust. Alfirdaus mengingatkan agar santri yang belum meraih juara tetap semangat dan terus berusaha.

“Untuk anak-anak kami yang belum juara, jangan berkecil hati. Kalian telah berjuang dan memberikan yang terbaik. Tetap bersemangat dan terus berusaha di kesempatan berikutnya,” pesannya.

Kemenangan ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Insan Qurani dan diharapkan dapat menjadi motivasi bagi santri dalam meningkatkan prestasi di masa mendatang.