MIN 27 Aceh Besar Sukses Gelar Perkemahan Pramuka

*Bentuk Karakter Siswa

Peserta Pramuka Gudep 07.038 Pangkalan MIN 27 Aceh Besar sedang membuat tandu, Minggu (29/9/2024). FOTO/ HUMAS MIN 27 ABES

Kabarnanggroe.com, Kota Jantho – Gerakan Pramuka Gugus Depan 07.037 Putra dan 07.038 Putri Pangkalan MIN 27 Aceh Besar sukses menggelar Perkemahan Jumat, Sabtu, dan Minggu (Perjusami) di Lambaro, Ingin Jaya, pada akhir pekan lalu, diikuti oleh 163 murid kelas V dan VI. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari, mulai dari 27 hingga 29 September 2024, dipenuhi dengan beragam aktivitas menarik di alam terbuka yang memperkuat kemandirian, kerjasama, dan kekompakan peserta, Minggu (29/9/2024).

Berbagai kegiatan kepramukaan seperti lintas alam (hiking), mencari jejak, pionering, hingga malam api unggun membuat suasana perkemahan semakin seru dan berkesan. Salah satu peserta, Nadja, murid kelas V, mengungkapkan rasa gembiranya bisa mengikuti perkemahan tersebut. “Seru bisa ikut perkemahan bersama teman-teman, ada banyak kegiatan menarik di alam terbuka, serta malam penampilan seni dan api unggun,” ujarnya.

Peserta Perjusami MIN 27 Aceh Besar, mengelar Upacara Api Unggun di Lingkungan Madrasah, Lambaro, Ingin Jaya, Sabtu (28/9/2024) malam. FOTO/ HUMAS MIN 27 ABES

Senada itu, Al ‘Alim Ahmad, murid kelas VI mengaku, berkemah merukan impian setiap anggota pramuka di sekolah mereka. “Setiap minggunya kami latihan pramuka bersama, dan berkemah merupakan impian kami. Hari ini kami sangat senang bisa berkemah bareng, mudah-mudahan ke depan kita bisa berkemah bersama pramuka dari sekolah lain,” harapnya.

Di sisi lain, Kepala MIN 27 Aceh Besar, Naswati SAg, menekankan pentingnya kegiatan kepramukaan sebagai bagian dari pembinaan karakter generasi muda. “Kegiatan pramuka dari Siaga, Penggalang, hingga Penegak dan Pandega bertujuan membekali anak-anak dengan nilai-nilai kemandirian, kepemimpinan, dan kebersamaan yang esensial bagi masa depan mereka,” ungkap Naswati.

Tak hanya diikuti oleh pembina pramuka, perkemahan ini juga didukung penuh oleh para guru dan orang tua murid. Mereka turut berpartisipasi dalam membantu kelancaran kegiatan, yang diharapkan mampu mengembangkan keterampilan para siswa, khususnya dalam kerja sama tim dan tanggung jawab. “Momentum Perjusami ini mampu mengembangkan keterampilan siswa, khususnya dalam hal kerja sama tim dan tanggung jawab,” tandasnya.

Kegiatan Perjusami di MIN 27 Aceh Besar ini tak hanya menjadi pengalaman berharga bagi para anggota pramuka, tetapi juga diharapkan dapat mengembangkan potensi diri dan menerapkan nilai-nilai Dasa Dharma Pramuka dalam kehidupan sehari-hari.(Sirath)