Aminullah Siap Ubah Turnamen Sepakbola U 12-13 HUT IMKA dan Media Pos Aceh Jadi Piala Wali Kota Banda Aceh

Calon Wali Kota Banda Aceh, H Aminullah Usman SEAk MM didampingi Calon Waki Wsli Kota H Isnani Husda melakukan tendangan perdana pada pembukaan turnamen sepakbola usia dini U 12-13 HUT ke-12 Pos Aceh dan HUT ke-1 SSB Putra IMKA, Banda Aceh, di lapangan SSB Putra IMKA, Kamis (17/10/2024) sore. FOTO/ BEDU SAINI

Kabarnanggroe.com, Banda Aceh – Calon Wali  Kota Banda Aceh, H Aminullah Usman SEAk MM siap merubah tingkat turnamen sepakbola usia dini U 12-13 di lapangan SSB Putra Ie Masen Kayee Adang (Imka) menjadi Piala Wali Kota Banda Aceh.

Dia menegaskan hal tersebut saat membuka turnamen sepakbola usia dini atau U-12-13 HUT ke-12 Pos Aceh dan HUT ke-1 SSB Putra IMKA, Banda Aceh, Kamis (17/10/2024) sore.

Aminullah menjelaskan turnamen sepakbola ini juga bertujuan meningkatkan ukhuwah Islamiyah dan silaturrahmi sesama pemain, pengurus dan juga gampong di Banda Aceh.

Calon Wali Kota Banda Aceh, H Aminullah Usman SEAk MM memberikan sambutan dan sekaligus membuka turnamen sepakbola usia dini U 12-13 HUT ke-12 Pos Aceh dan HUT ke-1 SSB Putra IMKA, Banda Aceh, di lapangan SSB Putra IMKA, Kamis (17/10/2024) sore. FOTO/ BEDU SAINI

“Saya harus memberi apresiasi kepada media Pos Aceh dan Gampong Ie Masen Kayee Adang yang melaksanakan turnamen sepakbola usia dini ini,” katanya. Dia mengakui turnamen seperti ini sudah jarang dilaksanakan di Kota Banda Aceh.

“Berikanlah permainan yang menarik dan jangan sampai terjadi perkelahian di tengah lapangan, karena bisa merusak silaturrahmi,” harapnya.

Dia menambahkan dengan olahraga sepakbola ini, maka akan jauh dari kenakalan remaja dan narkoba. “Jadilah pemain hebat yang nantinya dapat bermain di Persiraja, klub nasional bahkan internasional,” tambahnya.

Ditambahkan, wasit yang memimpin pertandingan juga harus memberi contoh yang baik dengan memimpin pertandingan dengan adil.

“Saya siap merubah turnamen ini menjadi Piala Wali Kota yang digelar setiap tahun, jika terpilih nantinya memimpin Kota Banda Aceh,” janjinya. Disebutkan, pertandingan sepakbola harus menjadi ajang hiburan bagi keluarga dan enak ditonton.

Aminullah yang didampingi calon Wakil Wali Kota Banda Aceh, Isnaini Husda mengungkapkan dirinya sempat ditambalkan dengan nama ‘Roberto Carlos’ 20 tahun lalu. Tetapi, saat ini, dia mengaku sudah tidak seperti dulu lagi dalam menendang bola.

Ketua Panpel Tamam Rizky menyampaikan laporan pada pembukaan turnamen sepakbola usia dini U 12-13 HUT ke-12 Pos Aceh dan HUT ke-1 SSB Putra IMKA, Banda Aceh, di lapangan SSB Putra IMKA, Kamis (17/10/2024) sore. FOTO/ BEDU SAINI

Sebelumnya, Keuchik Ie Masen Kaye Adang, Ir Muhammad Kasim mengharapkan para pemain usia dini ini terus memotivasi diri, sehingga dapat menjadi tim nasional.

“Ikuti aturan dan tegakkan sportivitas selama bertanding dan saya mengharapkan turnamen ini berlangsung sukses tanpa hambatan yang berarti,” katanya.

Sedangkan Ketua Panitia Tamam Rizky, turnamen yang diikuti 10 tim SSB dari Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar memperebutkan total hadiah Rp 6,1 juta. “Insya Allah kami dari Media Pos Aceh bisa terus berkontribusi untuk kemajuan olahraga, dan selain sepak bola dini, tahun ini kami memeriahkan HUT ke-12 Media Pos Aceh juga mengelar open festival Catur,” ungkapnya.

Sementara itu, seusai turnamen sepakbola usia dini dibuka secara resmi oleh Aminullah Usman, dilanjutkan dengan penyerahan bola oleh Isnaini kepada wasit. Kemudian, Aminullah menendang bola pertama dalam pertandingan pembukaan sepakbola yang masih babak penyisihan, bertanding tuan rumah SSB Imka melawan Polar FC Junior Indrapuri yang dipimpin wasit perempuan, juga berusia remaja.

Pertandingan pertama yang berlangsung seru berakhir dengan skor kacamata 0-0. Pada pertandingan kedua, Bukit Sembilan FC melawan Barona FC yang berlangsung lebih seru dengan wasit pria dewasa.

Pertandingan pembuka turnamen sepakbola usia dini U 12-13 HUT ke-12 Pos Aceh dan HUT ke-1 SSB Putra IMKA, Banda Aceh, di lapangan SSB Putra IMKA, Kamis (17/10/2024) sore.FOTO/ BEDU SAINI

Pertandingan pada setiap babak yang berlangsung 10 menit berakhir dengan kemenangan 1-0 untuk Barona FC. Gol tercipta melalui tendangan bebas pada 10 menit babak kedua. Bola yang diarahkan ke gawang sempat terjadi kemelut yang dimanfaatkan dengan baik oleh nomor 10 Aulia Adam, sehingga skor berubah 1-0 untuk kemenangan Barona FC.

Pada pertandingan ketiga, antara SSB Bintang Garuda dengan SSB Rambu Bayu sempat terjadi kejutan pada babak menit kedua. Dimana, tendangan dari lapangan tengah saat babak kedua dimulai berhasil menjebol gawang SSB Bintang Garuda, sehingga skor 1-0 untuk kemenangan Rambu Bayu. Pertandingan akan dilanjutkan kembali pada Jumat (18/10/2024) sore. Dalam turnamen ini melibatkan 10 tim yang dibagi dalam dua grup.

Grup A terdiri dari SSB Polar FC, SSB Putra IMKA, SSB Bintang Garuda, SSB Rambu Bayu, dan SSB Rampagoe. Sedangan Grup B diisi oleh SSB Bukit Sembilan FC, SSB Barona, SSB Talenta FA, SSB Putra Raja, dan SSB Psan Neusu.(Muh)