Prestasi Tiga Emas PON XXI, Atletik Berusaha jadi Lumbung Medali Aceh

Wakil Ketua Umum II Bidang Pembinaan Prestasi KONI Aceh, yang Ketua Pelatda PON, Drs Bachtiar Hasan, M.Pd.

Kabarnanggroe.com, Banda Aceh Menyusul sukses meraih tiga medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh – Sumatera Utara 2024, kian menguatkan tekad Pengurus Provinsi Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (Pengprov PASI) Aceh, menjadikan atletik sebagai lumbung medali bagi Aceh di berbagai event nasional dan PON XXII/2028 NTT- NTB.

Ketua Umum Pengprov PASI Aceh, Drs Bachtiar Hasan, M.Pd, mengatakan, prestasi tiga emas di PON XXI Aceh – Sumut, semakin membuat pihaknya meningkatkan pembinaan atlet atletik untuk menjadikan lumbung medali bagi Aceh di berbagai event nasional dan PON mendatang.

Bachtiar mengatakan, cukup banyak medali emas, perak dan perunggu diperebutkan di cabang atletik, ada 42 nomor diperlombakan di PON termasuk di kejuaraan nasional.

Sebutnya, Jawa Timur, Jawa Barat dan Jawa Tengah mendominasi perolehan medali emas di kejuaraan nasional dan PON.

“Melihat potensi dan prestasi atletik Aceh terus meningkat dari beberapa PON sebelumnya hingga PON Aceh – Sumut, ke depan kita yakin bisa bersaing dengan provinsi yang mendominasi perolehan medali, dan menjadi atletik lumbung medali bagi Aceh,” ujarnya.

Untuk itulah, katanya, PASI Aceh akan meningkatkan pembinaan atletik di banyak nomor yang potensial seperti di nomor-nomor lari, lompat tinggi, lompat jauh, lompat galah, lontar martil, lempar cakram dan lempar galah.

“Kalau saya masih ketua umum PASI Aceh, mungkin upaya dan target menjadikan atletik sebagai lumbung medali bagi Aceh bisa tercapai,” katanya kepada posaceh.com baru-baru ini.

Sebutnya, paling tidak lima medali emas, dari 42 medali emas yang akan diperebutkan lagi pada PON mendatang bisa tercapai.

Bachtiar menjelaskan, prestasi atletik Aceh tetap meraih medali emas dari beberapa PON sebelumnya hingga PON XXI Aceh – Sumut, dan perolehan medali emas Aceh terus meningkat.

“Pada PON sebelumnya satu medali emas, meningkat menjadi tiga medali emas pada PON XXI Aceh – Sumut. Bahkan tiga medali emas pada PON baru – baru ini terbanyak dalam sejarah di raih atletik Aceh,” ujar Ketua Pelatda PON Aceh ini.

Pada PON XXI Aceh meraih tiga medali emas melalui Dedi Yusuf lontar martil, Fauma Depril Jumra (dasa lomba) danCut Zahra Najwa dari lompat tinggi.

Kecuali itu, PASI Aceh akan mengadakan kejuaraan yunior pada 24 November untuk mencari atlet – atlet potensial yang akan dipersiapkan ke PON XXII NTT – NTB 2028. Target kita di PON tersebut, lima medali emas,” ujar Bachtiar kenyang pengalaman di dunia olahraga mulai sebagai atlet, praktisi, akademisi hingga pimpinan di induk organisasi olahraga.(Sdm).