Jelang Festival Catur HUT 12 Media Pos Aceh, Stok Pemain Elite Menipis

Sejumlah pecatur Aceh saat bertanding pada kejuaraan HUT 11 Media Pos Aceh, 14 Oktober 2023. Foto : Dok Pos Aceh.

Kabarnanggroe.com, Banda Aceh Jelang festival catur Hari Ulang Tahun ke 12 Media Pos Aceh, yang akan digelar 18 Oktober 2024, stok pemain elite dan tangguh kian menipis.

Pasalnya, puluhan pecatur elite dan tangguh bergelar maupun non gelar yang tersebar di kabupaten/kota di Aceh telah direkrut beberapa regu instansi yang akan ambil bagian pada kategori beregu yang paling bergengsi ini di Festival Catur Media Pos Aceh.

Para pecatur elite tersebut di antaranya terdapat pemain putra yang baru saja memperkuat regu Aceh pada PON XXI Aceh – Sumatera Utara yaitu Master FIDE (MF) Zulkhairi, Master Nasional (MN) Sarmadoli, MN Dika Ibrahim, Musliadi, Marzuki Tarigan dan Jalaluddin Al Mubarok.

Tiga di antara pecatur PON Aceh yaitu Zulkhairi, DIka Ibrahim dan Musliadi sudah direkrut regu suatu perusahaan media, PT Media Haba Nusantara. Bahkan regu sudah mendaftar untuk ambil bagian di Festival catur Pos Aceh.

Pemain PON yang masih tersisa, seperti Marzuki dan MN Sarmadoli menyatakan bersedia dan siap menerima tawaran memperkuat regu instansi yang membutuhkan.

Seorang panitia penerima pendaftaran Festival Media Pos Aceh, Odi Riski Ananda menyebutkan, dari beberapa regu yang sudah mendaftar, Regu Media Haba Nusantara diperkuat tiga pemain PON.

Sementara, Kamis (2/10) tercatat empat regu instansi yang sudah mendaftar yaitu Regu Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kumham) Aceh, PT Media Haba Nusantara, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Banda Aceh dan Dekopindo Aceh.

Diperkirakan ada 16 regu lagi yang akan mendaftar untuk ambil bagian pada event catur beregu HUT ke 12 Media Pos Aceh.

Para regu yang akan ambil bagian itu, juga diperkuat sejumlah pecatur tangguh di antaranya MF M Hendrik Friasayani membela Regu Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Sabang.

Festival catur anniversary 12 Media Pos Aceh mempertandingkan kategori beregu antar instansi pemerintah, swasta, BUMN, BUMD dan Perbankan, setiap bebas menggunakan pemain bayaran. Kategori perorangan terbuka umum dan perorangan antar wartawan.

Pertandingan beregu digelar 18 Oktober dan perorangan 19 Oktober 2024 di Kantor Media Pos Aceh

Sangat Tertarik

Para instansi dan perusahaan yang sudah mendaftar dan yang akan ambil bagian menyatakan sangat tertarik dan antusias mengikuti Festival Catur Media Pos Aceh.

Ceo Media POS Aceh, Tati Ariana mengatakan, setiap tahun telah rutin menggelar event catur, tahun ini dalam menyambut dan memeriahkan HUT ke-12 Media Pos Aceh digelar festival catur.

“Tahun-tahun sebelumnya kita hanya mempertandingkan kategori perorangan, tahun ini ada kategori beregu antar instansi pemerintah/swasta, BUMN dan Perbankan. Setiap regu instansi bebas memakai pemain profesional atau pecatur bayaran. Kategori perorangan terbuka/umum dan antar wartawan, sehingga event ini kita beri Lebel Festival Catur HUT ke 12 Media Pos Aceh,” ujar Tati Ariana.

Ketua Panitia, Tamam Rizky menyebutkan, pertandingan kategori beregu digelar 18 Oktober, perorangan terbuka umum dan antar wartawan digelar 19 Oktober 2024 di Kantor Media Pos Aceh.

Tamam menjelaskan, pendaftaran sudah dibuka 25 September dan berakhir atau ditutup 16 Oktober. Bagi yang mendaftar hingga 10 Oktober mendapatkan kaos, yang mendaftar tgl 11 hingga Tgl 16 Oktober tanpa kaos karena tidak bisa dipesan lagi.

Pendaftaran Offline dan Online

Tamam mengatakan, pendaftaran bisa dilakukan secara Offline atau langsung dan secara online, baik kategori beregu maupun perorangan.

Pendaftaran secara offline atau langsung di Kantor Media Pos Aceh, Jln Ade Utama, No.11 Gampong Doy, Ulee Kareng,  Banda Aceh.

Pendaftaran langsung kategori perorangan Terbuka/ Umum dan Antar Wartawan : Tulis nama, alamat/asal daerah, nama media bagi wartawan dan ukuran kaos dan membayar biaya pendaftaran Rp 75.000

Kategori beregu : Tulis nama instansi, surat mandat (berisikan nama tiga pemain) dari instansi, ukuran kaos tiga pemain (satu regu tiga pemain). Biaya Pendaftaran per regu Rp 200.000

Mendaftar Online :

Biaya Pendaftaran untuk yang mendaftar online kirim ke nomor rekening 7154270277 BSI An. Odi Riski Ananda

Perorangan Terbuka/Umum dan Antar Wartawan : Tulis nama, alamat/asal daerah, nama media bagi wartawan dan ukuran kaos, slip bukti biaya pembayaran pendaftaran Rp 75.000, kirim ke Nomor WhatsApp (WA) 082364616254 (Odi Riski Ananda).

Beregu : Tulis Nama Instansi, Surat Mandat yang berisikan nama tiga pemain, ukuran kaos tiga pemain (satu regu tiga pemain) dibuat dalam bentuk PDF, slip bukti pembayaran biaya pendaftaran Rp 200.000, kirim ke Nomor WhatsApp (WA) 082364616254 (Odi Riski Ananda).

Hadiah

Tamam menyebutkan, hadiah beregu juara 1, 2, 3 mendapat piala dan piagam, serta dana pembinaan masing Rp 4 juta, 2 juta, 1,5 juta. Peringkat IV dan V diberikan piagam dan dana pembinaan Rp 1 juta dan 500.000.

Perorangan terbuka umum juara 1, 2 dan 3 mendapat piala dan piagam, hadiah Rp 1,5 juta, 1 juta, 750.000. peringkat 4 hingga 10 masing-masing mendapat hadiah Rp 200 ribu tambah piagam. Kategori Antar Wartawan juara 1, 2 dan 3 mendapat piala dan piagam dengan hadiah masing-masing Rp 1 juta, 750 ribu dan 500 ribu.

Syarat Beregu

Taman menyebutkan, syarat kategori beregu yaitu satu regu satu regu tiga pemain, surat mandat dari instansi, regu yang memiliki pemain bergelar master wajib di papan 1, papan 2 & 3 bisa berubah.

Disebutkan, jadwal dan tempat kegiata yaitu tehnical metting, 17 Oktober, pertandingan beregu digelar 18 Oktober, perorangan terbuka dan antar wartawan 19 Oktober, semuanya di Kantor Media Pos Aceh, Jln Ade Utama No.11, Gampong Doy, Ulee Kareng, Banda Aceh.

Peraturan

Tamam menyebutkan, pertandingan catur cepat beregu dan perorangan mengikuti peraturan FIDE yang dianut Percasi, peraturan panitia dan peraturan yang ditetapkan dalam tehnical metting.

Katanya, peraturan pertandingan dan permainan secara menyeluruh dan penentuan peringkat dibahas dan ditetapkan dalam tehnical metting (Sdm).