Menag Yaqut Cholil Qoumas Lantik Pejabat Eselon II di Kementerian Agama

*H. Akly Zikrullah, S.Ag., MH di Lantik sebagai Karo AUAK di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe

Kabarnanggroe.com, Jember – Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas, melantik sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II) di lingkungan Kementerian Agama pada Selasa, 15 Oktober 2024. Acara pelantikan berlangsung di Gedung Kuliah Terpadu Universitas Islam Negeri (UIN) KH Achmad Siddiq, Jember, Jawa Timur.

Dalam kesempatan ini, Menag melantik H. Akly Zikrullah, S.Ag., MH sebagai Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik, dan Kemahasiswaan (Karo AUAK) di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe. “Saya percaya bahwa saudara-saudari akan menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai tanggung jawab yang diberikan,” tegas Yaqut dalam Berbagainya.

Akly yang dikenal aktif sejak masa kuliah di IAIN Ar-Raniry Banda Aceh, menyampaikan rasa syukur atas amanah baru yang diembannya. “Terima kasih atas dukungan semua pihak. Mohon doa agar saya bisa menjalankan amanah ini dengan baik,” ujarnya.

Dukungan dari Aceh

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Drs. H. Azhari, M.Si. , turut memberikan selamat atas pelantikan putra daerah kelahiran Desember 1971 tersebut. “Semoga amanah ini bisa dijalankan dengan baik, dan kerja sama serta silaturahmi yang telah terjalin selama ini dapat terus dipupuk,” harap Azhari.

Sementara itu, sejumlah pejabat di Aceh turut memberikan ucapan selamat. H. Mukhlis, M.Pd. , Kabid Urusan Agama Islam Kanwil Kemenag Aceh, menyampaikan harapannya dengan penuh keakraban. “Cukup bereh Pak Karo,” katanya, menggunakan istilah Aceh yang berarti ‘baik dan beres’. Kakankemenag Subulussalam, H. Marwan Z., MM , juga bergurau dengan mengatakan, “Rezeki injuretime, bereh Akly,” Merujuk pada momen pelantikan di akhir masa jabatan kabinet.

Pelantikan 10 Pejabat Baru

Selain Akly, Menag Yaqut juga melantik sembilan pejabat Eselon II lainnya, yaitu:

  1. H. Imam Syaukani, S.Ag., MH – Kepala Biro Hukum dan Kerja Sama Luar Negeri, Setjen Kemenag.
  2. Abdul Rouf, S.Fil.I., M.Kesos. – Sekretaris Ditjen Pendidikan Islam.
  3. Ida Made Pidada Manuaba, S.Ag., M.Si. – Sekretaris Ditjen Bimas Hindu.
  4. H. Abdul Wahid, S.Pd.I., M.Pd. – Kepala Biro AUAK, UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda.
  5. Agus Suryo Suripto, S.Ag., MH – Kepala Biro AUAK, UIN Salatiga.
  6. Seska Vonny Langitan, M.Si., M.Th. – Kepala Biro AUAK, IAKN Manado.
  7. H. Saiful Mujab, MA – Sekretaris Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah.
  8. H. Mahbub Daryanto, M.Pd.I. – Kakanwil Kemenag Provinsi Jambi.
  9. Zoztafia, S.Ag., M.Pd.I. – Kakanwil Kemenag Provinsi Kepulauan Riau.

Jejak Karier dan Inovasi Akly

Sebelum menjabat di IAIN Lhokseumawe, Akly telah memimpin beberapa posisi strategis di Kemenag Aceh. Beliau terakhir menjabat sebagai Kepala Kankemenag Bireuen sejak November 2023 dan telah memperkenalkan berbagai inovasi, seperti Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) online dan penanaman 2.000 pohon di lahan wakaf.

Sebelumnya, ia juga memimpin di Kankemenag Gayo Lues dan aktif dalam berbagai organisasi, seperti MPU, NU, dan KNPI Aceh Timur . Akly pernah menjabat sebagai Kepala KUA di beberapa kecamatan di Aceh Timur serta dikenal sebagai media aktivis dan koresponden Serambi Indonesia.

Sosok Akly memiliki kisah unik saat masa kuliah di Fakultas Syariah Banda Aceh. Ia bekerja paruh waktu mencatat meteran listrik dan sering menghadapi tantangan, seperti dikejar anjing atau dimarahi warga. “Pengalaman-pengalaman itu menjadi bumbu kehidupan anak kos di era Orde Baru,” kenangnya dengan senyum.

Dengan pengalaman dan jejak jejak yang kuat, Akly diharapkan dapat membawa perubahan positif dan memperkuat sinergi di IAIN Lhokseumawe bersama seluruh pemangku kepentingan.[]

4o
Exit mobile version